Sunday, August 23, 2020

Perlunya Mengenalkan Indahnya Alam Semesta Melalui Mata Anak-Anak Anda


Ada suatu perasaan dimana saat menjadi orang tua, kita merasa saat ini akan menjadi sejarah dan kita ingin untuk menyampaikan ke generasi berikutnya tentang hal-hal besar yang telah kita temukan dalam kehidupan. 
Photo by Asaf R on Unsplash

Maka sebagian sejarah itu adalah tentang keinginan untuk menanamkan ke anak-anak kita kecintaan pada sains, lalu mempelajarinya dan terkhusus untuk menunjukkan bukti cinta kepada alam semesta.

Ketertarikan pada alam semesta dan bagaimana menjelajahinya seperti yang sering kita lakukan di bidang astronomi yang hanya dipenuhi dengan teori maka akan terasa kurang maksimal.

Tetapi, ketika Anda keluar ke lapangan pada malam hari, membawa peralatan yang tepat dan melihat langit malam yang hidup dan luas, maka tidak ada pengalaman lain yang lebih menarik selain itu untuk menikmati keagungan dan kegembiraan sejati. 

Dan seperti itulah jenis pengalaman yang kami ingin anak-anak kami cintai seperti kami mencintainya.

Sebenarnya bukan lompatan besar bagi anak-anak kita yang dari biasanya melakukan aktivitas bermain ke aktivitas pembelajaran tentang dunia, alam semesta, sains dan astronomi bagi anak-anak kita.

Eksplorasi adalah bagian alami ketika menjadi seorang anak saat mereka tumbuh ke dunia di bawah alam semesta yang menakjubkan ini.

Jadi, jika kita dapat menemukan cara mengambil keinginan alami untuk mengeksplorasi dan menanamkan hasrat seumur hidup mereka untuk astronomi, maka kita akan memberikan anak-anak kita hadiah yang benar-benar luar biasa.

Hanya dengan melakukan beberapa kegiatan keluarga yang sederhana, kita bisa menanamkan kecintaan bidang astronomi pada keturunan kita. Maka, inilah beberapa idenya:

1. Jadikan memandang bintang sebagai bagian dari kegiatan rutin keluarga. Terutama jika Anda sudah suka pergi ke luar ruangan sesering mungkin untuk menikmati bintang.

Jadi, jangan biarkan itu menjadi minat pribadi Anda dan ajak semua orang bertindak. Anak-anak akan menyukainya dan menantikan malam-malam itu seperti halnya ketika pergi ke sirkus.

2. Jadikan setiap pengalaman baru dalam pertumbuhan mereka disisipi ilmu astronomi sebagai kemajuan yang baru.

Pengalaman pertama yang paling memungkinan adalah Anda bisa pergi dengan seorang anak dan berbaring telentang di pedesaan dengan melihat panorama bintang-bintang di atas kepala mereka lalu mencoba untuk mengambil gambar semuanya.

Silakan lakukan itu dan tantang mereka untuk coba menghitung bintang-bintang.

Ini adalah latihan awal yang menyenangkan dan mereka akan ingat itu sebagai hiburan selanjutnya pada anak-anak mereka ketika mereka melakukan hal yang sama dalam beberapa dekade ke depan.

3. Ajak mereka untuk belajar mengenali bintang dengan memberitahukan juga tentang teropong sehingga mereka dapat fokus pada area atau benda tertentu di langit malam.

4. Sekarang setelah mereka terpikat dan mereka pasti ingin tahu mengapa ada beberapa bintang lebih terang dari yang lainnya.

Mereka tidak akan tahu persis jika mereka hanya pergi ke sekolah astronomi dan bahkan yang lebih tinggi jika tidak menyaksikan langsung maka sama saja mereka tidak akan mengetahuinya.

Anda dapat memberi tahu mereka tentang konstelasi atau rasi bintang dan menunjukkan cara menemukannya dengan mengarahkan teropong atau teleskop ke bintang paling terang yaitu Bintang Utara.

Dengan mampu menemukan benda-benda dalam sekumpulan bintang itu dan mengetahui ada begitu banyak hal lain yang dapat mereka pilih, mereka siap untuk belajar dari peta bintang dan tentang cara kerja galaksi.

5. Pikirkan kegembiraan itu saat mereka melihat setiap perubahan di langit malam. Termasuk pada fase bulan dan pengaruh rotasi bumi terhadap posisi planet.

Bantu mereka menemukan benda langit favorit mereka setiap malam. Tak lama kemudian, mereka akan belajar sendiri memetakan pergerakan bintang-bintang seperti yang dilakukan para astronom awal.

6. Sekarang Anda akan terjebak dalam kegembiraan karena telah menemukan hal-hal baru untuk diungkapkan kepada kru astronom pemula yaitu anak Anda yang bersemangat.

Ketika Anda mengungkapkan kepada anak Anda bahwa akan bersafari untuk melihat gerhana, hujan meteor, atau penampakan komet sekali seumur hidup, hadiah itu akan tampak lebih besar dari apa pun yang mungkin Anda berikan padanya saat Natal.

Keajaiban langit malam akan memikat anak-anak Anda seperti terpikatnya Anda selama bertahun-tahun mengalaminya.

Dan Anda akan memberikan mereka bantuan terbesar yang pernah Anda lakukan dengan menjadikan mereka pecinta alam semesta seumur hidup mereka.