Wednesday, November 21, 2018

Trik Menjawab di 8 Situs Survei Online 100% Membayar Rupiah, Dollar atau Pulsa

Saya akan memberitahukan cara jitu dalam menjawab di 8 situs survei online yang telah terbukti mengirimkan uang atau pulsa sebagai imbalan.

Screenshot Paypal

Cara mendaftarnya nanti cukup klik link, mengisi data dan miliki satu akun e-mail yang aktif.

Selain itu dibutuhkan akun Paypal dan punya Nomor Rekening Bank Pribadi. Alamat e-mail Paypal harus benar terisi di profil situs survei begitu juga dengan Nomor Rekening Bank di Paypal.

Bagi yang belum punya Paypal, bisa anda cari di Google cara daftarnya.

Pastikan jaringan internet Anda berkualitas baik, agar tidak loading terlalu lama yang menyebabkan survei bisa gagal.

Usahakan survei dikerjakan dalam satu waktu, walaupun ada situs survei yang saat menjawabnya masih bisa dilanjutkan pada jam berikutnya namun ini tidak disarankan.

Beberapa survei bisa dijawab menggunakan smartphone dan ada yang harus dijawab menggunakan perangkat komputer atau laptop.

Lihatlah tawaran survei minimal sekali sehari dan itu pada waktu pagi hari, atau saat notifikasi survei baru muncul baik itu di notifikasi aplikasi atau di e-mail.

Saya sarankan Anda sediakan waktu sekitar 5 - 30 menit untuk menjawab survei. Lamanya tergantung topik survei yang akan dikerjakan.

Berikut 8 situs survei yang saya ikuti dan terbukti membayar sampai sekarang 2021 (update artikel terakhir) yaitu:
  • Toluna ID
  • Ipanel Indonesia
  • Clixsense (berhenti mengikuti)
  • Mobrog Indonesia
  • Yougov Indonesia
  • Viewfruit Indonesia
  • Surveyon
  • Nusaresearch
  • The Panel Station
Berikut pembahasan mengenai cara dari pengalaman saya dalam menjawab survei pada masing-masing website survei berikut.

Baca, fokus, pelajari cara-cara berikut:

a. Toluna ID (klik untuk daftar)

Situs ini sangat saya sukai karena tawaran survei hampir setiap hari ada dan poin yang didapat lumayan besar dari 3000 - 7000 poin per 1x survei selesai.

Aplikasi Toluna bisa Anda download di PlayStore untuk Android atau AppStore untuk iOS.
Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar
Trik Menjawab Survei di 8 Situs Survei Online Berbayar
Sudah sekitar Rp 200.000 dari Toluna terkirim ke akun Paypal saya.

Tanda kita menyelesaikan survei yaitu proses survei sampai 100% dan di akhir akan diucapkan selamat oleh Toluna.

Maka saat itu juga atau paling lama keesokan harinya poin akan masuk ke tabungan saldo poin kita.

Poin dapat ditukarkan setelah mencapai minimal 10.200 poin untuk Paypal Rp 20.000 dan 13.125 poin untuk pulsa Rp 25.000. Poin dapat ditukarkan pada Menu Imbalan Saya lalu Pusat Imbalan.

Di halaman tersebut kita bisa menukarkan poin dalam berbagai macam penukaran. Kalau saya pribadi lebih ke penukaran dengan Paypal dan terkadang juga pulsa.

Perlu diketahui jika kita menukar Paypal maka uang akan sampai sekitar 3-4 minggu setelah penukaran sedangkan pulsa lebih cepat sekitar 2-3 minggu.

Setelah kita berhasil mendaftar di Toluna dan mengisi biodata sampai 100%, Anda biasanya akan mendapatkan poin 100 per data dan keesokan harinya akan muncul survei baru.

Adanya survei bisa dilihat di halaman utama atau Toluna mengirimkan ke e-mail yang telah kita daftarkan tadi dan tinggal di klik saja.

Poin penting dalam menjawab survei:

1. Selalu perhatikan topik survei.

Maksudnya kita harus menjawab sesuai dengan kriteria yang diminta untuk menyelesaikan topik survei tersebut.

Ada kalanya kriteria itu tidak sesuai dengan data pribadi kita, maka kita harus menyesuaikan dengan tidak menjawab dengan jujur.

Tetapi saya sekarang telah mengedit biodata dengan menaikkan umur 10 tahun ke depan dari 27 tahun ke 37 tahun dan tempat tinggal saya buat di Jakarta atau Anda bisa buat di kota besar lainnya.

Karena ini merupakan tahap mencocokkan data pribadi dengan kriteria yang diminta survei. Contohnya saya pria berumur 27 tahun dan topik mengenai produk kecantikan wanita, untuk umur 14-30 tahun.

Maka kita harus menjawab pertanyaan dengan jenis kelamin wanita dan usia 27 tahun. Begitulah seterusnya kita harus pandai-pandai menyesuaikan.

Tetapi apabila tidak ada pemberitahuan kriteria yang terlihat, kita harus menjawab dengan hati-hati.

Biasanya saya menjawab tentang identitas saya dengan jenis kelamin sebenarnya tetapi umur saya lebihkan 10 tahun.

Dari usia 27 tahun jadi 37 tahun, karena biasanya survei itu diperuntukkan bagi pria/wanita dewasa.

Jarang sekali ada untuk remaja, tapi ada juga survei yang mewajibkan anak-anak untuk menjawabnya dengan rentang usia 10-17 tahun.

Ada juga survei yang diperuntukkan bagi pria berusia 45-65 tahun dan itu juga kita harus menjawab dengan kriteria tersebut.

Jika tidak, maka kita dianggap tidak memenuhi kriteria dan gagal. Setelah pertanyaan tentang jenis kelamin dan usia, ada lagi pertanyaan tentang status dan jumlah anak.

Saat usia kita 27 atau 37 tahun tentunya secara umum sudah menikah dan mempunyai anak.

Maka lagi-lagi jangan lupa untuk menjawab sesuai kriteria yang diminta, jawablah menikah dan mempunyai anak minimal 1 dan dengan usia rata-rata 11-17 tahun.

Selanjutnya pertanyaan tentang karir dan ini berlaku untuk semua survei.

2. Tetap fokus dengan pertanyaan survei.

Fokus dalam menjawab survei itu penting, apalagi kita masih tahap awal dan belum masuk ke survei produk yang sebenarnya. Saat ada pertanyaan kira-kira bunyinya seperti ini:

"Apakah Anda atau ada keluarga di rumah tangga Anda yang bekerja pada bidang berikut ini:"

- Perusahaan riset
- Perusahaan asuransi
- Perusahaan perbankan
- Pemasaran
- Bidang teknologi
- Tidak satupun di atas (pilih jawaban ini)

Kita wajib menjawab "Tidak satupun di atas", jika tidak maka kita pasti dianggap gagal. Karena ini tahap seleksi dan belum masuk ke survei produk sebenarnya.

Ada berbagai macam bentuk kalimat yang seperti pertanyaan di atas. Sekali lagi Anda harus teliti dalam menjawab.

Karena sekali saja gagal maka survei hangus dan tidak bisa lagi kembali ke halaman sebelumnya.

Biasanya apabila pertanyaan mengenai jenis kelamin, usia, keluarga, karir dan tempat tinggal sudah selesai, maka akan lanjut ke survei produk yang sebenarnya.

Setelah mencapai proses 30% - 40% berarti Anda sudah masuk ke survei produk dan tetap harus berhati-hati dalam menjawab.

Terkadang mereka menguji dengan pertanyaan "Pilih urutan ketiga dari pilihan di bawah ini", maka pilihlah jawaban ketiga.

Jika Anda tidak mengikuti perintahnya, maka survei bisa saja gagal atau tidak bisa dilanjutkan.

Di halaman survei produk, baca dan jawablah dengan teliti. Jangan asal-asalan supaya selesai sampai 100% dan mendapatkan poin.

Saya selalu membuka halaman baru pada browser untuk mencari apa yang ditanyakan oleh survei. 

Misalnya tentang produk cokelat, pertanyaannya "Apa merek yang anda fikirkan tentang produk cokelat?" terdapat 8 kolom untuk diisi.

Maka saya mencarinya di Google terlebih dahulu agar jawaban saya tidak asal-asalan dan salah. Jawaban saya adalah Silverqueen, Dairy Milk, Bengbeng dan lain-lain.

Begitu juga tentang produk lainnya, mintalah bantuan Google dengan mencari apa yang tidak anda ketahui tentang merk produk tersebut.

b. Ipanel Indonesia (klik untuk daftar)

Pada situs ini imbalan yang kita dapat sebesar 500 - 4000 poin per survei yang telah diselesaikan. Website survei ini tidak memiliki aplikasi di Smartphone tetapi bisa dibuka di Web Browser HP Anda.

Untuk penukaran lihat menu penukaran dan penukaran tunai.

Trik Menjawab Survei di 8 Situs Survei Online Berbayar
Kita bisa menukarkan poin ketika setelah mencapai minimal 10.000 poin yang ditukar dengan uang Rp 100.000

Dikirim ke akun Paypal dalam jumlah Dollar, sekitar $7,5. Pada saat penukaran, kita akan diminta untuk validasi kode.

Kode akan dikirimkan ke nomor HP yang kita tuliskan dan nomor tersebut harus terdaftar di profil. Kita akan menerima SMS kode tersebut, lalu tuliskan ke kotak validasi yang tersedia.

Saya gunakan kartu Simpati Loop dan ternyata berhasil. Kode masuk dan Rp. 100.000 terkirim ke Paypal.

Jika nomor HP Anda terjadi masalah dalam penerimaan kode transfer, maka ubah saja di profil dan lakukan penukaran poin kembali.

Poin didapat setelah menyelesaikan survei ada yang langsung bertambah poinnya dan ada kalanya poin diaudit terlebih dahulu beberapa hari.

Kita harus sabar menunggu sampai poin audit bisa muncul di total poin kita. Cara menjawabnya pun tidak jauh berbeda dengan survei pada Toluna.

Pada awal survei tentu seleksi tentang kecocokan pribadi kita dengan kriteria survei. Lagi-lagi jawablah dengan teliti dan sesuai kriteria yang diminta.

Ada kriteria yang mewajibkan kita harus menjawab kota sesuai yang diminta. Misalnya kriteria mengharuskan tinggal di wilayah Medan, Jakarta, Surabaya dan Makasar.

Maka kita harus menjawab salah satu kota tersebut. Biasanya saya menjawab tempat tinggal saya di Jakarta, Surabaya, Makasar, Pekanbaru atau kota besar lainnya.

Karena bisa jadi provinsi atau kota yang kita tinggal sebenarnya tidak merupakan kriteria yang dicari oleh situs survei.

Begitu juga untuk kode pos, Anda harus membuat kode pos kota besar di Indonesia. Cari saja di Google, misalnya kode pos Bandung, Jakarta (10110, 10112), Surabaya dan lainnya.

Namun sekali lagi perhatikan dan baca baik-baik pemberitahuan survei, diperuntukkan bagi siapa dan tinggal di mana.

Mengenai pertanyaan status pendidikan saya menjawab dengan sebenarnya yaitu Tamatan Universitas /S1 atau jawab sesuai dengan yang diminta sebelumnya.

Adalagi pertanyaan tentang pekerjaan, tetapi pilihan/opsinya berbeda dari yang saya sebutkan di atas tadi.

Pilihannya yaitu:
  1. Purna waktu (jawaban saya sesuai aslinya)
  2. Paruh waktu
  3. Pengangguran
  4. Ibu rumah tangga
  5. Wirausaha
  6. dll
Maka jawaban saya yaitu purna waktu karena memang itu status pekerjaan saya sekarang.

Tetapi untuk jabatan pada pekerjaan, saya biasanya memilih menjadi Manajer, CEO, Manajer Junior, atau Direktur.

Karena saya yakin ada pertanyaan survei untuk orang-orang yang sudah sukses dan mereka ingin mengetahui pengalaman kita.

Apalagi untuk survei tentang Asuransi, Keuangan Negara, dan survei mengenai Keadaan Internasional. Pilih penghasilan bulanan pribadi sebesar Rp 4.000.000/bulan. 

Penghasilan bulanan keluarga sekitar Rp 9.000.000/bulan atau lebih dan penghasilan keluarga tidak boleh lebih kecil dari pada penghasilan pribadi.

Penghasilan tahunan keluarga Anda kalikan saja Rp 9.000.000 x 12 bulan Rp 108.000.000/tahun. Ini juga penting karena saya pernah gagal hanya gara-gara salah menjawab penghasilan.

Penghasilan tahunan pastikan lebih besar daripada penghasilan bulanan, lagi-lagi jeli dalam membaca survei karakter.

Ada kalanya survei kita tiba-tiba terhenti itu biasanya mereka memberi alasan seperti survei telah penuh yang artinya Anda terlambat menjawab survei.

Survei juga memiliki masa aktif misalnya 1 hari, 1 minggu hingga paling lama 1 bulan.

Kegagalan bisa terjadi karena sudah banyak orang yang telah menyelesaikan survei tersebut, maka saya sarankan begitu notifikasi muncul kita langsung menjawab.

c. Clixsense (tidak saya gunakan lagi karena sulit)

Berbeda dengan kedua situs di atas, clixsense yang telah berganti nama ysense ini murni situs dari luar Indonesia. Jadi tampilan awalnya menggunakan Bahasa Inggris.
Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar
Trik Menjawab Survei di 8 Situs Survei Online Berbayar
Survei bisa dilihat di menu survei pada halaman situs. Survei yang ditawarkan ada tentang produk Indonesia namun ada juga tentang produk luar negeri.

Contohnya saya pernah dapatkan survei tentang produk minuman dari Jerman. Jadi soal dan jawabannya pun dalam bahasa Jerman.

Saya menerjemahkan Bahasa Jerman melalui situs Bing Translator atau Google Translate

Berkat bantuan Google untuk mencari produk minuman, saya berhasil menyelesaikan survei dan mendapatkan beberapa dollar.

Begitulah clixsense terkadang juga survei dalam bahasa Inggris murni dan kita harus menjawabnya dengan hati-hati dan lebih fokus.

Survei di sini juga lumayan banyak bisa sampai 8 survei dalam 1 hari. Namun dalam menjawabnya menurut saya lebih sulit.

Cara menjawab survei supaya sukses menyelesaikannya hampir sama dengan situs survei lain. Berikut alur proses beberapa survei dari 8 situs survei tadi.

Pertanyaan Biodata Pribadi (seleksi kriteria)
Pertanyaan Tentang Produk
Pertanyaan Biodata Pribadi (pertanyaan penutup, jawab dengan jujur dan santai saja)

Imbalan yang diterima cukup besar sekitar $0,8 - $1,6 per survei jika berhasil menjawabnya dan bisa dikirim ke Payoneer minimal USD $35.

Bisa saja uang langsung masuk ke saldo clixsense atau menyusul karena memang begitu ketentuannya. 

Namun, saya tidak lagi bermain di sini sejak pembayaran pertama dan terakhir masuk ke payoneer dan berhasil kirim ke rekening pribadi.

d. Mobrog ID (klik untuk daftar)

Survei di sini dulunya cukup jarang tetapi sekarang tahun 2020 - 2021 ini sudah lumayan sering.

Mobrog ID juga tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone yang bisa Anda download di PlayStore atau AppStore.

Pencairan minimal sebesar USD $ 6,25 dan di transfer ke akun Paypal.

Keunggulan mobrog yang buat saya semangat adalah waktu pengiriman uangnya cukup cepat yaitu kurang dari 24 jam atau sekitar 40 menitan setelah permintaan.

Saya biasanya berhasil mengumpulkan jumlah saldo minimum dalam waktu 1-3 bulan tergantung tingkat kerajinan dan keberhasilan.

Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar

Ketentuan survei sama dengan yang lainnya dan saya jarang menyelesaikan survei yang mungkin disebabkan oleh perbedaan identitas yang diminta atau survei sering penuh.

Terkadang ada survei yang bahkan telah selesai dikerjakan namun gagal, mungkin waktu habis karena saya terlalu lama menjawab atau masalah jaringan.

e. Yougov ID (klik untuk daftar)

Situs Yougov ID silahkan diakses melalui Web Browser komputer dan bisa Anda instal melalui PlayStore atau AppStore.

Saya juga menyukai situs ini karena batas minimum penukaran cukup besar yaitu 5000 poin ditukar dengan SGD $25 Dollar Singapura atau sekitar Rp 250.000.

Jangan salah situs, perhatikan baik-baik untuk kita yang berada di Indonesia hanya menggunakan Yougov ID. Cara aksesnya tulis di Google pencarian Yougov ID.

Kemarin sempat membuat saya bingung karena masuk ke Yougov Inggris dan yang terjadi gagal Log In terus. 

Akhir-akhir ini juga sering gagal Log In melalui Web Browser komputer yang katanya harus menuju ke e-mail dahulu tetapi sampai sekarang saya belum bisa.

Solusinya saya sekarang menggunakan aplikasi yang telah di download dan pasang melalui PlayStore dan akhirnya lancar menjawab survei-survei mereka.

Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar

Menjawab survei di sini tidak membutuhkan waktu yang lama dan topiknya tidak sulit, jadi mendapatkan poin lebih mudah.

Sayangnya survei yang ditawarkan cukup jarang dan kita hanya menunggu notifikasi dari e-mail atau aplikasi bahwa ada survei baru yang perlu dikerjakan.

Jika tidak ada notifikasi maka belum ada survei yang ditawarkan. Imbalan menyelesaikan survei bervariasi dari 90 poin - 350 poin.

Memang sedikit lama untuk mencapai 5000 poin, tapi memang itulah ketentuan dari Yougov ID. Kita hanya bisa menjawab dengan benar dan mendapatkan poin.

Untuk menjawabnya cukup mudah karena pengalaman saya tidak pernah gagal dalam menjawab survei di situs ini.

Ada suatu pengalaman saya baru-baru ini mengenai pertanyaan pribadi seperti, umur, jenis kelamin, dan tempat tinggal.

Pengecualian di situs Yougov ID, saya tekankan untuk menjawab jujur pada setiap pertanyaan sesuai dengan data profil kita.

Karena akun saya pernah di non aktifkan selama satu bulan dan tidak saya tidak mendapatkan survei yang baru.

Cara membuka kembali akun kalau tidak salah hanya menunggu 1 bulan atau bisa menghubungi melalui kontak pengaduan mereka.



f. Viewfruit ID (Klik untuk mendaftar)

Viewfruit ID menawarkan imbalan $5 untuk penukaran 2500 poin yang merupakan penukaran terkecil dan saya sudah berkali-kali berhasil mengirim uang ke akun Paypal.

Viewfruit ID juga tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone yang bisa Anda download di PlayStore atau AppStore.

Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar
Trik Menjawab Survei di 8 Situs Survei Online Berbayar

Poin yang bisa ditukarkan adalah Poin Berlaku, bukan Poin Sekarang. Artinya poin berlaku itu adalah poin yang telah di audit dan poin sekarang adalah total dari Poin Berlaku + Poin Sementara.

Saya sarankan untuk semua aplikasi survei ini apabila jumlah poin minimum penukaran terpenuhi, maka sebaiknya cepat transfer ke akun Paypal.

Setelah saldo minimum di Paypal terpenuhi sekitar minimal USD $10, segera juga transfer ke Rekening Bank Anda dengan biaya administrasi sebesar Rp 16.000 sekali kirim.

Kalau saya akan menunggu sampai sekitar USD $15, supaya biaya administrasi yang dikeluarkan tidak banyak.

Hal itu juga atas pertimbangan saya menunggu dollar yang sedang dikirimkan dari aplikasi survei ke akun Paypal yang rata-rata terkirim dalam 1 - 4 minggu.

Menukarkan poin ke dollar setelah batas minimum dan mengirimnya ke paypal dengan segera adalah tindakan kewaspadaan.

Takutnya nanti terjadi kerusakan pada situs survei atau Paypal, seperti ditutup atau tidak bisa kita akses lagi maka poin yang kita kumpulkan tadi akan tertinggal di sana dan tidak bisa ditukarkan.

Di bawah ini adalah bukti imbalan masuk ke Paypal.



g. Surveyon (klik untuk daftar)

Setelah 1 minggu saya mendaftar dan berhasil menjawab banyak survei, saya bisa langsung mengumpulkan 20.000 poin dan langsung menukarkan poin menjadi USD $2 dan dikirim ke Paypal.

Surveyon tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone yang bisa Anda download di PlayStore atau AppStore.

Imbalan bisa ditukarkan dengan pulsa Rp 10.000 untuk 11.000 poin, tetapi jarang saya lakukan karena lebih menguntungkan jika ditukar ke Paypal.
Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar

Walaupun sedikit tapi di situs inilah yang paling cepat mendapatkan poin tergantung rajinnya kita menjawab.

Karena di situs survei lain harus menunggu 2 minggu, 1 bulan bahkan ada yang 6 bulan baru bisa lakukan penukaran pertama.

Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar

h. Nusaresearch (klik untuk mendaftar)

Di aplikasi survei ini saya sudah lebih dari 2x payout, kadang ke Paypal dan juga ke Pulsa HP.

Nusaresearch juga tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone yang bisa Anda download di PlayStore atau AppStore.

Dulu 600 poin bisa ditukar dengan $2 dan 500 poin untuk Pulsa Rp 25.000, akan terus berubah nominalnya sesuai ketentuan perusahaan.

Saya lebih suka menukarkan poin dengan pulsa, karena selisih yang lebih menguntungkan dibanding menukar ke Paypal.

Saya peringatkan juga seperti di Yougov ID, disini menjawab survei haruslah dengan jujur sesuai dengan identitas kita di profil, jika tidak akun akan diblokir sementara.

Sampai anda mengirimkan e-mail untuk meminta maaf dan meminta akses akun anda kembali baru diaktifkan. Pengalaman saya sudah pernah seperti itu dan Alhamdulillah akun dibuka kembali.
Scroll Medsos Ga Jelas ? Lebih Baik Ikuti Tips Trik Menjawab Survei di 6 Situs Survei Online Berbayar

i. The Panelstation (tulis daftar kirim ke e-mail ini)

Bagi Anda yang ingin mendaftar di situs survei ini maka bisa klik link e-mail di atas dan saya akan mengirimkan balasannya.

The Panel Station juga tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone yang bisa Anda download di PlayStore atau AppStore.

Cara lainnya bisa dengan masukkan kode referensi FDWNXI sewaktu mengisi formulir registrasi di https://thepanelstation.com/ dan menangkan bonus awal Anda sebesar 500 poin.

Cara menjawabnya kira-kira hampir sama dengan 7 situs survei di atas.

Perlu diketahui, selama saya mainkan survei di sini saya telah berhasil menukarkan 15.000 poin yang masing-masing penukaran sebesar 3000 dan berarti sudah 5 kali penukaran.

Dulunya poin tersebut ditransfer ke akun paypal dengan harga $10 / 3000 poin.

Mulai bulan Desember 2019 The Panel Station tidak lagi mentransfer $10 ke Paypal tetapi dialihkan ke Virtual Visa Card sebesar $5 dengan penukaran 3000 poin.

Hal ini saya ketahui ketika menukarkan poin di tahun 2021 dan mungkin akan berubah lagi atau tidak yang itu merupakan ketentuan mereka.

Saya akan berbagi tutorial agar bisa menukar poin ke Visa lalu ke Dollar Paypal yang silahkan Anda baca baik-baik di blog berikut ini.

Pengalaman pertama saya menukar 3000 poin ke Dollar Visa bisa Anda baca di sini. Setelah poin berhasil ditukar ke Visa, lanjut dari Dollar Visa ke Paypal yang bisa Anda baca baik-baik di sini.

Kedua cara di atas penting dan salah satu syarat untuk mengirim uang dari Visa ke Paypal adalah Anda wajib punya 2 akun Paypal. 

Akun pertama sebagai pengirim dengan saldo harus $0 (daftar baru jika belum punya) dan akun kedua sebagai penerima adalah akun yang biasa Anda gunakan untuk mengirim uang ke Rekening Bank.

Selebihnya silahkan ikuti langkah penukaran Poin ke Visa lalu ke Paypal di atas.

Sekian dari ulasan saya mengenai 8 situs survei ini. Tetap aktif memantau, fokus menjawab, belajar dari pengalaman dan sabar sampai survei selesai adalah kunci keberhasilan Anda mendapatkan uang.

Saran saya selalu lihat iklan yang ada di televisi, internet, radio, spanduk dan di tempat lainnya. 

Karena terkadang memang kita diharuskan mengingat iklan suatu merek produk untuk menjawab pertanyaan survei.

Kalau bingung, silahkan tanya Google. Jangan takut untuk mencoba dan gagal di awal tetapi lama kelamaan akan terbiasa dengan keberhasilan.

Dari pada kita hanya melihat-lihat media sosial yang tidak ada manfaatnya, buat status galau dan membagi berita hoax, lebih baik jawab survei dan dapatkan uangnya.

Mendapatkan uang dari 8 situs survei online ini saya jamin masih membayar hingga 2021 sekarang. 

Tetapi saya belum mencoba situs survei lainnya karena masalah waktu pengerjaan yang dirasa sudah begitu sibuk hanya dengan menjawab di 8 situs tadi. 

Kalau tidak ingin rugi besar, jangan coba-coba untuk bermain investasi bodong (Compass Apk, dll), tambang bitcoin, judi online dan game online yang mengharuskan pembelian atau deposit uang.

Mereka bilang bisa menghasilkan uang banyak dengan cara yang mudah, tetapi alur kerjanya tidak jelas apalagi aplikasi itu ilegal.

Walaupun kita mahir tetapi kita akan terus diajak deposit sebesar-besarnya untuk mendapatkan untung besar dan kebanyakan berakhir dengan kerugian.

Saya sudah berpengalaman tentang investasi bodong dan tambang bitcoin. Saya belum rugi besar seperti orang lain yang sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Selain survei online, cobalah buat website/blog atau upload video ke Youtube lalu daftarkan Google Adsense karena itu bisa menghasilkan uang juga.

Terima kasih, jika ada pertanyaan silahkan isi pada kolom komentar di bawah dan saya usahakan akan segera menjawabnya.

9 komentar

Artikel yang cukup menarik, andai dekat saya akan belajar dari anda, thank...

Makasih udah share trik nya. Bakal saya praktekkin

betul gan, mobrog memang membingungkan,,1 bulan saya baru bisa minimal payout. Hhahaa

Gan saya pernah wd dari surveytime, lmyn gede 1 survey reward nya 1$.tiap hari ada email masuk, tapi pas di klik tidak bisa masuk ke survey, kenapa ya?

master,Saya mendapat survey tapi ketika diklik diminta memperbaharui profil. apa yang harus dilakukan y.Thx master.

crisna: sesekali mmg ada perbarui profil secara berkala, jadi isi kan saja untk ttap melanjutkan

terkadang yg tidak bisa masuk survei kendalanya profil tidak ssuai kebutuhan (survei yg cek profil otomatis), atau kuota survei penuh

Master,saya ikut di lifepoints.Tapi 2 bulan ini tiap buka websitenya kok selalu ada pemberitahuan error kode pesan 501.Bisa bantu jawab.Kebetulan aku baru aktif di survey online 2 bulan an.Baru Toluna,dan surveyon dan surveytime yg sudah pay out.yg lain blm